Salak Pondo Prigen Jadi Buruan Warga Jelang Maulid

875
Foto: Noufal

Prigen (wartabromo) – Harga buah di pasaran meloncat tinggi menjelang Maulid Nabi. Salah satu buah yang paling dicari adalah salak pondo. Permintaan salak ini terus naik sehingga harganya terdongkrak.

Salah satu petani salak pondo di Dusun Sidokatut, Kelurahan Ketanireng, Kecamatan Prigen, Khusein, mengaku banjir pesanan, baik dari tengkulak maupun warga sekitar. Para pembeli bahkan sudah memesan jauh-jauh hari karena takut tak kebagian.

“Untung saja sekarang sudah memasuki musim hujan, jadi buah salak saya bisa tumbuh subur dan berbuah banyak untuk dapat dijual pas menjelang maulud,” kata Khusein, Selasa (22/12/2015).

Dibantu istri dan sejumlah karyawannya, Khusein sibuk melayani pembeli. Ia mengaku meraup untung besar dibandingkan hari biasa. Harga salak dari Khusein untuk kelas A Rp 10 ribu per kilogram. Harga tersebut bisa melambung Rp 17 ribu di pasaran.

Baca Juga :   Densus 88/AT Kembali Ciduk Jaringan Sumber Taman

Salak pondo lebih disukai karena rasanya yang manis dan teksturnya bagus. “Saya lebih suka langsung beli di sini ketimbang di pasar, selain lebih segar karena langsung diambil dari pohonnya di sini juga bisa milih sesuka hati,” terang Nur, salah seorang pembeli asal Pandaan.

Jum, pembeli lain mengaku sudah pesan jauh-jauh hari “karena takut nggak kebagian.”
Selain salak, hampir semua buah mengalami kenaikan harga menjelang maulid. (nov/fyd)