Program Ekonomi Satrya Emas Segera Diluncurkan

0
55

irsyad dan sedap malamPasuruan (wartabromo) – Pemerintah Kabupaten Pasuruan akan meluncurkan Program Pusat Strategi dan Layanan Ekonomi Maslahat (Satriya Emas). Program ini diandalkan untuk membantu semua lapisan masyarakat yang ingtin berwira usaha. Dengan Satriya Emas, industri mikro, kecil, dan menengah (IMKM) yang sudah ada diharapkan bisa semakin berkembang.

“Satrya Emas dibentuk untuk mendorong tumbuh-kembangnya wirausaha baru, penguatan usaha mikro, kecil dan menengah serta peluang usaha lainnya. Dengan demikian diharapkan tercipta sejumlah peluang kerja dan aktifitas ekonomi masyarakat yang terintegrasi,” kata Bupati Pasuruan Irsyad Yusuf, (5/5/2016).

Satrya Emas akan memberikan layanan dengan sistem jemput bola yang langsung menyentuh basis-basis masyarakat di seluruh kecamatan. Tidak hanya memberikan saran dan konsultasi teoritis tapi juga memberikan layanan konsultasi strategis operasional yang solutif.

“Misalnya mengatasi berbagai permasalahan manajemen, pengolahan hasil, keuangan, permodalan hingga pemasaran,” jelasnya.

Sasaran Satrya Emas yakni seluruh masyarakat di 24 kecamatan. Untuk sementara dibentuk enam wilayah pengembangan yakni di Kecamatan Grati, Gondangwetan, Kejayan, Pandaan, Bangil dan Purwosari. Di setiap kantor wilayah pengembangan akan ditempatkan minimal dua pendamping ekonomi yang akan melayani masyarakat.

“Satriya Emas semacam klinik ekonomi yang akan memberikan semua pelayanan pada keluhan ekonomi masyarakat. Kita ingin masyarakat tidak terjerat remternir sehingga Satriya Emas akan mengusahakan akses perbankan bagi yang kesulitan modal. Jika kesulitannya pada pemasaran kami akan upayakan buka kran market dan seterusnya,” beber Irsyad Yusuf.

Bulam Mei ini, diharapkan Satrya Emas sudah bisa diluncurkan. (fyd/fyd)