Eks Pasar Hewan Purwosari akan Dijadikan Sentra Kuliner

1308

Purwosari (wartabromo.com) – Pemerintah Kabupaten Pasuruan melalui Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) akan menyulap eks pasar hewan di jalan raya Martopuro Kecamatan Purwosari Kabupaten Pasuruan menjadi sentra Kuliner.

Kepala Disperindag Kabupaten Pasuruan, Edy Suwanto pada wartabromo.com mengatakan, s eks pasar hewan tersebut sudah mulai dipagari keliling dengan anggaran sebesar Rp 200 juta, serta penambahan anggaran PAK Rp 200 juta untuk pembangunan toilet dan pavingisasi jalan di dalam lokasi.

“Kita pagari karena jadi parkiran truk serta tempat buang sampah warga. Makanya kita usulkan ke Pak Bupati dan kemudian disetujui,” terangnya.

pasar kuliner

Selain paving, pagar dan toilet, Disperindag juga membangun 4 unit shelter terbuka yang bisa dipakai untuk para PKL (pedagang kaki lima) yang nantinya tertarik untuk berinvestasi di pasar kuliner itu. Pembangunan shelter tersebut dibiayai oleh APBD Kabupaten Pasuruan 2016 sebesar Rp 130 juta.

Baca Juga :   Sering Kekenyangan Saat Berbuka? Begini Tipsnya!

“Sampai sekarang sudah ada 8 pemohon yang masuk. Ada yang jualan nasi goreng, rujak cingur, es dan penjual lainnya. Kebanyakan penjual makanan dan minuman,” imbuhnya.

Sementara itu, Bupati Pasuruan, HM Irsyad Yusuf menegaskan, seluruh aset Pemkab Pasuruan yang tidak terpakai, mangkrak maupun belum dimanfaatkan, satu persatu akan difungsikan. Mengenai eks pasar hewan, Irsyad menilai ada potensi perputaran ekonomi mikro yang bisa timbul setelah dibangunnya pasar kuliner tersebut.

“Tahun ini kita lengkapi dengan PJU (penerangan jalan umum) dan penyambungan air bersih. Yang jelas, semua aset Pemkab yang belum termaksimalkan dengan baik, akan kita kembangkan sesuai potensinya,” tegasnya. (mil/yog)