Sebulan Belum Surut, Ratusan Warga di Beji Hidup Terkepung Banjir

0
51

Beji (wartabromo.com) – Akibat hujan deras yang terus mengguyur wilayah Kabupaten Pasuruan sejak sebulan terakhir, sejumlah desa di wilayah Kecamatan Beji terendam banjir rata-rata berkisar antara 30 hingga 50 centimeter.

Salah satu Desa terlama tergenang banjir yakni Desa Kedungringin Kecamatan Beji Kabupaten Kabupaten​.

Dari sembilan Dusun di desa tersebut dua dusun mengalami banjir cukup parah yakni Dusun Kedungringin Tengah dan Dusun Balungrejo. Kedua dusun tersebut dihuni oleh sekitar 460 Kepala Keluarga.

“Banjir yang merendam di sini terhitung sudah satu bulan lamanya mas,” kata Kepala Desa Viky Arianto, Kepala Desa Kedungringin Kecamatan Beji Kabupaten Pasuruan, Kamis (2/2/2017).

Pantauan wartabromo, jalanan paving mulai masuk dusun hingga di gang – gang perkampungan semuanya terendam air banjir selama satu bulan terakhir. Ratusan warga di dua dusun itu pun laksana hidup di perkampungan air.

IMG-20170202-WA0082

Mereka menerjang banjir menggunakan perahu kayu untuk bisa menjangkau satu dengan yang lainnya. Tak jarang sejumlah sekolah di daerah setempat terpaksa diliburkan lantaran air banjir masuk ke prasarana belajar.

“Ya kalau udah (airnya) naik yang libur, ” kata Sartinem (48) warga Dusun Balungrejo.

Meski setiap hari hidup ditengah kepungan banjir namun warga tetap tak mau meninggalkan lokasi tersebut. Mereka memilih tinggal dengan cara meninggikan bangunan rumahnya masing-masing.

Untuk membantu kebutuhan warga pada dua dusun tersebut, pihak Pemdes beserta karang taruna serta BPBD dan Tagana sudah mendirikan dapur umum yang bertugas mendistribusikan makanan.

“Ini paling lama. Kami gak bisa melakukan apa – apa, ” tambah Sartinem. (yog/yog)