Antisipasi Narkoba, Polresta Probolinggo Razia Kapal

0
40

Probolinggo (wartabromo.com) – Antisipasi aksi penyelundupan Narkoba lewat jalur laut, Polresta Probolinggo dan Badan Narkotika Nasional (BNN) Kabupaten Lumajang, gencar melakukan patroli laut, Senin (31/07/2017). Tak hanya patroli, petugas juga memeriksa isi seluruh kapal yang ditemui.

Patroli diawali dari lokasi penyebrangan laut pelabuhan Tanjung Tembaga, Kecamatan Mayangan, Kota Probolinggo. Petugas berjumlah 20 personil itu lalu menyisir jalur perairan utara Probolinggo hingga Selat Madura.

Usai berpatroli di tengah laut, petugas kemudian ke lokasi sandar kapal barang di Pelabuhan Perikanan Pantai (PPP) Mayangan. Salah satu kapal barang yang dirazia adalah KM Jala Sukses Mandiri.

Di kapal tersebut, petugas langsung memeriksa seluruh bagian kapal. Mulai dari ruang angkut muatan, ruang anak buah kapal, hingga ruang kemudi.

Pemeriksaan ketat dilakukan petugas, guna mencari barang-barang terlarang, seperti Narkoba, maupun barang berbahaya yakni senjata api dan senjata tajam.

Tak hanya, KM. Jala Sukses Mandiri, belasan kapal motor lainnya juga tak luput dari razia petugas.

Kapolresta Probolinggo, AKBP Alfian Nurrizal, mengatakan, belakangan ini banyak tersangka pengedar Narkoba yang tertangkap di wilayah hukum Polresta Probolinggo. Sehingga, kegiatan patroli merupakan bentuk kontroling petugas, serta antisipasi masuknya Narkoba lewat jalur laut.

“Kita lakukan patroli laut, atas banyaknya informasi dari masyarakat, yang melaporkan banyaknya ABK Kapal yang ditengarai menggunakan narkoba. Mesti tidak ada temuan pada giat kali ini, kita akan lakukan secara periodik kegiatan serupa nantinya,” terang Alfian.

Sementara itu, Kepala BNN Lumajang, Wuwuh Priwibowo, mensinyalir, jalur laut Probolinggo menjadi ruang masuknya penyelundupan Narkoba, maupun barang terlarang lainnya.

“Karena itu, perlunya peran serta masyarakat untuk bersinergi dengan petugas, dalam pemberantasan Narkoba,” tuturnya saat ikut dalam razia itu. (lai/saw)