15:27 - Selasa, 26 Mei 5311
Kamis, 8 Februari 2018 | 18:27

Dukungan Kurang, Satu Paslon Perseorangan Rontok di Pilwali Probolinggo

Probolinggo (wartabromo.com) – Satu bakal pasangan calon (Bapaslon) Walikota dan Wakil Walikota Probolinggo dari jalur perseorangan rontok lebih awal dalam proses Pilwali Probolinggo 2018. Pasalnya pasangan itu, tak memenuhi batas minimal syarat dukungan.

Bapaslon rontok dalam tahapan verifikasi faktual (Verfak) perbaikan itu adalah pasangan Sukirman dan Abdul Aziz. Pasangan ini hanya mampu memenuhi syarat hanya 1.049 dukungan dari 10.850 dukungan yang diserahkan ke KPU Kota Probolinggo. Artinya sebanyak 9.801 dukungan dinyatakan Tidak Memenuhi Syarat (TMS). Sebelumnya, pasangan ini, perlu tambahan 5.525 dukungan di masa perbaikan.

Sementara satu pasangan jalur perseorangan lainnya, yakni Suwito dan Ferry Rahyuwono, dinyatakan memenuhi syarat untuk ditetapkan sebagai pasangan calon (Paslon) dalam Pilkada Kota Probolinggo, Juni 2018 nanti. Berdasarkan hasil verifikasi faktual tahap perbaikan, kekurangan dukungan tersebut terlampaui. Dukungan yang memenuhi syarat (MS) untuk palson ini sebanyak 2.577, atau lebih dua dari jumlah tambahan perbaikan yang harus dipenuhinya.

Sebelumnya, pasangan dengan akronim Wi-Fi ini, tak memenuhi batas minimal dukungan calon independen di Kota Probolinggo sebesar 16.522. Pasangan ini hanya memenuhi 13.947 dukungan atau kurang 2.575 dukungan.

“Sesuai hasil rekapitulasi verifikasi faktual, syarat dukungan di lima kecamatan, pasangan Suwito-Ferry dinyatakan lolos. Sementara untuk pasangan Sukirman-Abdul Aziz, dinyatakan tidak lolos, karena tidak memenuhi syarat minimal dukungan dalam masa perbaikan,” kata ketua KPU Kota Probolinggo Ahmad Hudri, setelah Rapat Pleno Terbuka dengan agenda Rekapitulasi Dukungan Perbaikan Bakal Pasangan Calon Perseorangan Pemilihan Wali Kota dan Wakil Wali Kota Probolinggo tahun 2018, Kamis (8/2/2018) siang.

Sementara itu, Suwito-Ferry mengaku bersyukur dengan keputusan itu. Ia juga menyampaikan ucapan terima kasih bagi tim dan warga Kota Probolinggo yang telah mendukungnya. “Calon perseorangan itu berat, dan kami telah melaluinya. Terimakasih kepada seluruh tim,” katanya singkat, saat diberi kesempatan berbicara di podium. (fng/saw)

Keren! Polisi Ini Pakai Kuda Seberangkan Siswa di sungai Rondoningo

Sewindu, Banjir di Lingkungan Pusat Kota Pasuruan ini Tak Tertangani