Meriah, Kirab Hari Jadi Kota Pasuruan ke-332

2274

Pasuruan (wartabromo.com) – Ribuan warga kota Pasuruan padati sepanjang jalan protokol, mulai dari Kompleks Perkantoran Kota Pasuruan sampai Pendopo Surga Surgi. Kemeriahan ini, menyambut ratusan Peserta Kirab Hari Jadi Kota Pasuruan ke-332, yang diantaranya Walikota dan Wakil Walikota Pasuruan.

Kirab Hari Jadi Kota Pasuruan diawali dengan Pertunjukkan Drum Band, lalu diikuti oleh tarian tradisional, pembawa Pataka, sampai rombongan Walikota Setiyono dan Wakil Walikota Raharto Teno Prasetyo.

Bukan hanya itu, dalam rangkaian acara ini juga melibatkan 6 Agama sebagai wujud kerukunan umat beragama Kota Pasuruan.

Kepala Dinas Pariwisata, Pemuda dan Olahraga Hardi Utoyo mengatakan bahwa kirab ini merupakan bentuk kemajemukan dan kebersamaan warga Kota Pasuruan. Karena prosesi kirab ini tidak hanya melibatkan seluruh warga kota Pasuruan.

Baca Juga :   Pesan Pamungkas Ali pada Istri Sebelum Gantung Diri

Sementara itu Kirab Hari Jadi Kota Pasuruan ke-332 ini berujung dengan prosesi inti yaitu Penyerahan Pataka dan dibacakan langsung oleh Ketua DPRD Kota Pasuruan Ismail Marzuki. Bukan hanya itu, pembacaan sinopsis oleh Budayawan Kota Pasuruan, sambutan walikota Pasuruan serta pelepasan Balon.

Kemeriahan prosesi hari jadi Kota Pasuruan ini dikemas dalam balutan tradisi jawa, dipadu padan gamelan sebagai iringan musiknya dan dipandu dengan bahasa Jawa.

Bukan hanya itu, pada rangkaian acara juga digelar ramah tamah yang semua jajanannya disediakan oleh pedagang kuliner sekitar kota Pasuruan. Pedagang tersebut disediakan stand khusus oleh Dinas Perdagangan, di seputar pendopo Surga Surgi. Menariknya, semua makanan tersebut gratis dikonsumsi oleh para undangan kirab Hari Jadi Kota Pasuruan. (**/**)