15:29 - Rabu, 20 Juni 3494
Rabu, 14 Februari 2018 | 16:26

Saat Menteri Susi Dekati Hiu Tutul di Perairan Probolinggo

Probolinggo (wartabromo.com) – Menteri Kelautan Susi Pujiastuti tertarik keberadan kawanan mamalia laut hiu tutul di perairan laut utara Probolinggo. Sebagai potensi wisata, Menteri Susi akan gelontorkan program infrastruktur agar kemunculan mamalia laut dilindungi ini semakin ramah dan layak dipromosikan sebagai wisata nasional.

Rabu pagi (14/2/2018), Menteri Kelautan RI Susi Pujiastuti langsung menuju pelabuhan pendaratan ikan Mayangan Probolinggo. Rombongan menteri Susi kemudian melakukan ekspansi laut dengan menggunakan sejumlah perahu.

Susi kemudian mengamati dari dekat kawanan hiu tutul yang banyak bertebaran di sekitar perairan laut utara kabupaten berjuluk Kota Mangga ini. Selain cocok jadi ajang destinasi wisata, potensi laut utara Probolinggo ini sangat luar biasa. Vulome ikan hasil tangkapan nelayan di laut ini, mencapai 6000 ribu ton per hari.

Sehingga inilah yang jadi alasan Susi tertarik gelontorkan program infrastruktur pelabuhan. Agar perairan ini layak promosi, jadi destinasi wisata nasional. “Buktinya kita datang ke Probolinggo dapat menyaksikan whale shark. Itu artinya biomassa laut di Indonesaia sudah jauh membaik, dan itu juga dirasakan oleh masyarakat di Probolinggo,” ujar Menteri Susi

Rencana dari Menteri Kelautan ini, disambut baik Bupati Probolinggo P. Tantriana Sari. Ia berharap bantuan itu segera direalisasikan oleh kementerian kelautan. “Untuk kedepannya komitmen kami tetap sama bagaimana hiu tutul yang ada di kabupaten probolinggo ini betul-betul terlindungii sehingga hiu yang datang di musim-musim tertentu dan datang di Problinggo betah dan tetap lestari, tadi bu susi bertemu dengan gerombolan hiu dan mengatakan umurnya cukup muda, juga membutuhkan komitmen seluruh pihak juga tentunya nelayan,” kata Bupati Tantri.

Destinasi wisata hiu tutul ini, memang setiap tahun terjadi di laut utara Probolinggo. Mamalia laut lindung ini, banyak bertebaran ketika masuki musim penghujan.

Kawanan hiu tutul ini sangat ramah, pengunjung bahkan bisa menjamahnya dari dekat. Namun kelestarian laut perlu terus dijaga, agar hewan raksasa ini tetap berhabitat dan tidak pindah ke lokasi lain. (fng/saw)

Jelang Cuti Kampanye, Gus Irsyad Serahkan Tongkat Komando ke Wabup Gaga

Panwaslu Kota Pasuruan Ajak Tolak Politik Uang dan Politisasi SARA