Cerita Pudjo “Bledug” Basuki Tinggalkan PDIP Demi Kursi DPD RI

0
484
Pudjo Basuki, calonkan diri sebagai Dewan Perwakilan Daerah. Bersama 25 calon senator lainnya, Mantan Wakil Walikota Pasuruan (periode 2000-2005 dan 2005-2010) itu, berebut 4 kursi di daerah pemilihan (dapil) Jawa Timur.

Laporan: Maya Rahma

CUKUP mengejutkan. Pudjo Basuki, yang selama ini dikenal “dedengkot” PDI Perjuangan di Jawa Timur, tiba-tiba mencalonkan diri menjadi anggota DPD RI. Padahal beberapa waktu terakhir, “Bledug” sapaan akrabnya, masih aktif terlihat di beberapa acara partai. Seperti saat Pemilihan Walikota Pasuruan pada 2015 lalu. Ia terlihat aktif kampanye untuk pemenangan calon dari partainya. Ditambah juga, Bledug hampir tak pernah absen pada kegiatan sosialisasi PDI-Perjuangan, setidaknya kerap terlihat di wilayah Kota Pasuruan.

Siapa yang tak kaget? Setelah beberapa aktivitas kepartaian beberapa waktu terakhir, ternyata Ketua DPC PDI Pro Mega Kota Pasuruan tahun 1993 ini, sudah berhenti menjadi pengurus PDI-Perjuangan sejak 2006 lalu.

Pudjo Basuki mengaku, Ia didorong oleh para kawannya untuk duduk di kursi DPD RI. Sekitar 6 ribuan KTP pun sudah terkantongi dari berbagai wilayah khususnya jalur Pantura.

“Saya satu-satunya, yang serahkan dukungan dari 38 Kota/Kabupaten di Jatim, dibanding calon lain,” imbuhnya.

Jumlah dukungan 6 ribuan itu, yang telah diverifikasi KPU. Sebelumnya, ia sodorkan 12 ribuan KTP.

Misi yang dibawa pun sederhana. Bapak berusia 67 tahun ini ingin para pemuda berperan aktif dalam politik dan pemerintahan. Hal tersebut bisa dimulai dari kontestasi Pemilu 2019 mendatang.

“Saya sudah orang tua, hanya ingin memberi pembelajaran generasi muda zaman sekarang untuk berperan aktif dalam pemilu ini,” ungkapnya.

Menurutnya, partisipasi aktif dalam politik tidak harus terjebak dengan “duit” yang belakangan kerap didengarnya. Baginya, integritas dan kemauan, sudah lebih dari cukup untuk dapat terjun dan berkarir ke kancah politik.

Nah, Sang Bledug dianggap kredibel untuk membawa misi ini, sampai kemudian tergerak (atau bahkan digerakkan) maju calonkan diri, menjadi satu bagian dari 26 jumlah calon DPD RI dapil Jatim pada Pemilu 2019. Bapak 3 anak ini berebut 4 kursi, kuota DPD RI dapil Jawa Timur.

Penilaian mampu itu, sepertinya juga dapat dilihat dari beberapa prestasi yang sudah dikantonginya dalam berbagai kepemimpinan, diantaranya sebagai Wakil Walikota Pasuruan selama 2 periode berturut-turut. Dampingi Aminurohman, Bledug kokoh bertahan menjabat pada 2000-2005 dan berlanjut di 2005-2010.

Suami dari Luluk Mauludiyah ini targetkan, setidaknya akan meraup dukungan dari berbagai wilayah, khususnya wilayah Tapal Kuda dan Kresidenan Besuki. Diantaranya, Banyuwangi, Jember, Lumajang, Probolinggo, Pasuruan, Malang Raya, Surabaya, dan Sidoarjo.

Kita tunggu saja, cerita Bapak Gen Milenial ini selanjutnya. (*)