Kematian Ibu dan Bayi Kota Pasuruan Terbanyak di Gadingrejo

0
388
Ilustrasi ibu dan bayi. Foto: Seru Jambi.

Pasuruan (wartabromo.com) – Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Pasuruan catat kasus kematian bayi terbanyak di Kecamatan Gadingrejo. Tercatat ada 7 kasus dari 13 kasus kematian bayi di Kota Pasuruan.

Menurut Riza Khoiriyah, Kasie Kesehatan Keluarga dan Gizi Dinkes Kota Pasuruan, 7 kasus itu terdiri dari 2 kasus bayi meninggal ketika umur 0 hari, dan yang lain mulai dari usia 14 hari, 22 hari, 30 hari, 40 hari hingga 4 bulan.

Disebutkan kemudian, selain Kecamatan Gadingrejo Kota Pasuruan, Kecamatan Panggungrejo juga catat 3 kasus kematian bayi, Kecamatan Bugul Kidul ada 2 kasus dan Purworejo tercatat 1 kasus bayi meninggal.

Tak hanya Kematian bayi, jumlah kematian ibu per bulan Agustus 2018 mengalami peningkatan, dari tahun sebelumnya.

“Tahun ini ada 6 kasus ibu meninggal,” ujar Riza, melalui aplikasi chatting, Sabtu (13/10/2018).

Diungkap kemudian, 6 kasus kematian ibu di Kota Pasuruan tersebar di Kecamatan Purworejo, Panggungrejo dan Bugul Kidul. Kasus terbanyak terjadi di Kecamatan Purworejo yakni 4 kasus yang terdiri dari 2 ibu nifas dan 2 ibu hamil.

Sedangkan Kecamatan Panggungrejo dan Bugul Kidul masing-masing tercatat 1 kasus kematian.

Diketahui, sepanjang tahun 2018 hingga bulan Agustus, 6 kasus kematian ibu dan 13 kasus kematian bayi. Angka ini dinilai mengalami tren peningkatan dari tahun 2017 yang mencatat 5 kasus kematian ibu, dan 14 kasus kematian bayi. (trl/ono)