09:40 - Senin, 16 Juli 2018
Kamis, 4 Desember 2014 | 20:17

‘Orang Pasuruan Kaya Air, Irigasi Sawah Saja Pakai Air Minum’

sumber umbulan

Sumber mata air umbulan digunakan untuk mencuci motor / yogi / wartabromo.com

Pasuruan (wartabromo) – Kabupaten Pasuruan dikenal sebagai daerah yang kaya akan sumber daya air. Kualitas air yang dimiliki oleh Kabupaten Pasuruan terbilang sangat bagus sehingga menarik minat para investor untuk datang dan mendirikan pabrik makanan dan minuman di wilayah ini.

Hal itu dinyatakan oleh Pakar Hydrologi yang juga dosen pengajar, Universitas Brawijaya Malang, Ir Gunawan Wibisono, Kamis (4/12/2014).

“Pasuruan ini kaya sumber daya air dibandingkan daerah-daerah lainnya. Saking kayanya, istilahnya orang sikat gigi aja pakai air Aqua . Selain itu, irigasi sawah di sejumlah wilayah di Kabupaten Pasuruan juga menggunakan mutu air yang sangat bagus. Bahkan terlalu bagus menurut saya,” ujarnya.

Dijelaskannya, kekayaan sumber daya air yang dimiliki oleh Kabupaten Pasuruan kerapkali tidak disadari betul oleh orang-orang Pasuruan sehingga tak jarang mereka membuang secara mubadzir air tersebut. Sementara, pihak investor dari luar daerah justru berbondong-bondong untuk mendirikan pabrik makanan dan minuman di Kabupaten Pasuruan.

“Harus dimulai sekarang untuk menyadarinya. Kalau hanya untuk irigasi kan gak perlu pakai air seperti itu (layak minum). Cukup air biasa,” tambahnya.

Untuk diketahui, pengambilan air Tanah untuk keperluan irigasi ini kerap dilakukan secara illegal drilling terutama di beberapa wilayah seperti Kecamatan Gondang wetan, Winongan, Pasrepan , Grati dan Rejoso. (yog/yog)

Menyingkap Sejarah Mata Air, Membuka Mata Hati

Restribusi Tenaga Kerja Asing di Pasuruan Ditarget Rp 2 Miliar