JK Minta Kementerian Pertanian Ambil Alih P3GI

0
34

jusuf kallaPasuruan (wartabromo) – Jusuf Kalla ingin agar hasil penelitian yang dilakukan oleh Pusat Penelitian P3GI Pasuruan diambilalih oleh Kementerian Pertanian agar industri gula di Indonesia lebih baik.

Hal itu disampaikan olehnya saat berkunjung ke Pusat Penelitian Perkebunan Gula Indonesia (P3GI) di jalan pahlawan Kota Pasuruan, Sabtu (6/12/2014).

JK berharap agar Pusat Penelitian Gula Indonesia (P3GI) bisa meningkatkan produktifitasnya untuk menghasilkan gula yang baik dan mampu memberikan kesejahteraan kepada petani.

“Ini bukan soal statusnya melainkan bagaimana kemampuannya harus lebih besar sehingga bisa meningkatkan produktifitas lebih baik, penelitian jalan terus dan diambil alih oleh Kementrian Pertanian,” ujarnya pada wartawan.

Untuk diketahui, hingga saat ini, status P3GI dianggap tidak tepat lantaran dana yang dikucurkan untuk revitalisasi industri gula tidak pernah dapat diakses P3GI.

Jusuf Kalla pun sempat terkejut lantaran P3GI milik swasta dan bukan BUMN. Namun demikian, pihak pemerintah optimis dengan pogram 110 yaitu 1 hektar lahan menghasilkan 100 ton tebu dengan tingkat rendemen 10 persen. (yog/yog)