Serap Aspirasi, Calon Tunggal Adjib Tetap All-out Kampanye

0
59

Pasuruan (wartabromo.com) – Menjadi satu-satunya kontestan di Pilkada Pasuruan tahun ini, disebut bukan alasan Pasangan Irsyad Yusuf-Mujib Imron (Adjib) untuk berdiam diri. Pasangan ini bakal tetap all-out melakukan kampanye.

Dikatakan oleh Irsyad Yusuf, menjadi pasangan calon tunggal, masa kampanye akan dimanfaatkan untuk menyerap aspirasi masyarakat. Hal itu, dianggap sebagai bagian menyerap aspirasi sekaligus patokan untuk menyusun program pembangunan dalam 5 tahun ke depan.

“Melawan bumbung kosong bukan berarti tahapan pilkada selesai. Kami akan memanfaatkan masa kampanye untuk sosialisasi,” ujar Irsyad Yusuf, Kamis (11/1/2018).

Sang petahana ini memaparkan, kegiatan kampanye juga dimanfaatkan agar tingkat partisipasi pemilih yang datang ke TPS (Tempat Pemungutan Suara), tetap tinggi. Menurutnya, partisipasi pemilih tetap utama, sebagai bagian mewujudkan pilkada yang berkwalitas.

“Karena tingginya tingkat partisipasi pemilih menunjukkan besarnya kepercayan dan legitimasi masyarakat kepada penyelenggara pemerintahan,” imbuhnya.

Selain itu, masa kampanye dimanfaatkan untuk menyerap aspirasi masyarakat, sebagai umpan balik bagi pasangan calon tunggal dan seluruh partai pendukungnya, sebagai bahan dalam membangun daerah.

“Masa kampanye akan saya manfaatkan benar untuk sosialisasi dan menyerap aspirasi masyarakat,” Tegas Irsyad.

Diungkapkan juga, ia akan cuti sejak 15 Februari 2018 hingga 23 Juni 2018 nanti, sebagaimana telah disampaikannya kepada KPU saat mendaftar sebagai calon Bupati kemarin.

Seperti diketahui, Pasangan Irsyad-Mujib didukung seluruh partai politik yang mendapat kursi di DPRD Kabupaten Pasuruan. Yakni PKB, Partai Nasdem, Partai Golkar, PKS, Partai Gerindra, PDIP, Partai Hanura, PPP dan Partai Demokrat. Pasangan ini mendaftarkan ke KPU Kabupaten Pasuruan pada Rabu (12/1).
Sempat terjadi polemik, lantaran KPU Kabupaten Pasuruan mengancam menganulir dukungan Partai Hanura. Setelah mendapati surat dukungan tidak ditanda tangani ketuanya yang tengah umroh.

Namun jumlah 9 partai penyokongnya tetap utuh setelah KPU menganggapnya sah dan menerimanya.

“Berdasarkan hasil rapat seluruh komisioner dan pertimbangan KPU Jatim, dukungan Partai Hanura kami anggap sah dan diterima. Meski tidak ditanda tangani oleh ketuanya, namun sudah dilampiri surat mandat dan surat keterangan dari lembaga pemerintah yang berwenang,” ujar Winaryo Sujoko, Ketua KPU Kabupaten Pasuruan.

Hari ini, Pasangan Irsyad Yusuf dan KH Mujib Imron tengah menjalani tes dan pemeriksaan kesehatan di RSU Syaiful Anwar Malang, sebagai bagian prasyarat pencalonan. (hrj/ono)