Pegawai Dishub Jatim Gadungan Diamankan Saat Memalak Rokok

0
727
Seragam yang digunakan Pegawai Dishub gadungan untuk memalak warung.

Probolinggo (wartabromo.com) – Seorang pria bernama Agus (33), warga Desa Pesisir, Kecamatan Sumberasih, Kabupaten Probolinggo, memalak pemilik warung di Museum Kota Probolinggo, Kamis (8/11/2018). Pria yang mengaku pegawai Dishub Provinsi Jawa Timur itu pun diamankan oleh petugas Dishub Kota Probolinggo.

Ceritanya sekitar pukul 08.00, Agus yang menggunakan motor Yamaha Mio berplat N 4746 RT memarkirkan motornya di museum. Ia lantas menuju sebuah warung yang berada di Jalan Suroyo 17, Kelurahan Tisnonegaran, Kecamatan Kanigaran. Agus langsung meminta rokok kepada pemilik warung.

“Saya waktu itu sedang ngopi tak jauh dari tempat itu. Saya liat langsung pelaku meminta rokok pada warga. Nah ini kan memalukan citra lembaga kami,” tutur Kasi Pengendalian dan Operasi Dishub Kota Probolinggo, Budi Jatmiko.

Karena itu, Jatmiko kemudian menegur dan menanyakan Dishub mana tempat Agus bekerja.

“Makanya langsung saya tegur. Dia ngakunya dari Dishub Pasuruan dan berpangkat melati 3 sebagai PNS. Saya curiga dan mengajak pegawai Dishub lain untuk mengamankan,” ucap Jatmiko.

Kecurigaan Jatmiko ternyata betul. Sebab ketika diperiksa di kantor Dishub Kota Probolinggo yang masih satu kompleks dengan museum, ternyata Agus tak bisa menunjukkan identitas kepegawaian.

“Saya diberi baju teman yang Dishub,” kata Agus kepada petugas Dishub Kota Probolinggo.

Namun, petugas gadungan ini enggan menjelaskan secara detail siapa pemberi baju itu. Begitu ketika ditanya motifnya saat memalak rokok kepada warga.

“Dari keterangan beberapa warga yang sering ke warung, pelaku ini memang sering minta rokok,” tandas Jatmiko.

Untuk mempertanggungjawabkan perbuatannya, Agus kemudian digelandang ke Mapolresta Probolinggo oleh petugas Dishub Kota Probolinggo. (fng/saw)