Tatap Porprov, KONI Probolinggo Seleksi Atlet

1448

Probolinggo (wartabromo.com) – Pelaksanaan Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) VI Jawa Timur 2019 masih jauh. Meski demikian, KONI Kabupaten Probolinggo sudah mempersiapkan atletnya. Salah satunya dengan menggelar Pekan Olahraga Kabupaten (Porkab) yang dilaksanakan pada 13-19 November.

Porkab 2018 ini, dibuka secara resmi oleh Bupati Probolinggo P. Tantriana Sari di Alun-alun Kota Kraksaan, pada Senin (13/11/2018) sore. Ada 12 cabor dipertandingkan, dengan melibatkan 1.238 atlet dan 286 wasit. Mereka merupakan siswa dari sekolah-sekolah dari 23 kecamatan di Kabupaten Probolinggo. Hanya 1 kecamatan, yakni Tiris yang tidak mengirimkan delegasinya.

“Semoga peningkatan kuantitas atlet ini diikuti pula oleh kualitas atlet. Saya memberikan apresiasi kepada seluruh atlet, KONI, Kecamatan dan semua pihak yang telah menunjukkan semangat untuk meraih prestasi. Tetapi semangat atlet ini juga ditentukan oleh support orang tua. Mudah-mudahan Porkab ini bisa berjalan sportif dan menelurkan atlet untuk selanjutnya bisa mengharumkan nama Kabupaten Probolinggo,” kata Tantri.

Baca Juga :   Aliansi Pemuda Pasuruan Sentil Raperda Kepemudaan

Ketua KONI Kabupaten Probolinggo, Sugeng Nufindarko mengatakan, Porkab ini diharapkan menghasilkan atlet yang berkualitas. Sehingga nantinya dapat berprestasi pada Porprov tahun depan. Sebab, Kabupaten Probolinggo hanya berada di peringkat 25 pada Porprov 2015 di Banyuwangi.

“Porkab ini salah satu seleksi atlet dan merupakan even olahraga resmi pemerintah untuk mencari bibit atlet berprestasi. Diharapkan pada Porprov tahun depan, peringkat Kabupaten Probolinggo naik di kisaran 15. Ada beberapa cabor yang bisa diproyeksikan untuk menaikkan peringkat itu,” kata Sugeng.

Dalam Porkab ini, menurut Sugeng, tidak semuanya dipertandingkan. Dari 26 cabor yang terdaftar di KONI, hanya 12 saja yang dipertandingkan. “Ada beberapa cabor yang atletnya sedikit dan tidak memungkinkan untuk dipertandingkan dalam Porkab. Solusinya adalah dengan menggelar TC (training center, red) secara terpadu di komplek wisma atlet,” tambah Sugeng. (saw/saw)